Fia

Situs Jejaring Ilmu Pendidikan, Pengetahuan, Info & Sosial

CARA MUDAH DAN SIMPLE MENDIRIKAN APOTIK DENGAN MODAL KURANG DARI 20JT

Apotik mania, setelah beberapa hari tidak membuat postingan, tangan ini terasa gatal sekali, karena begitu banyak ide-ide di kepala yang harus segera saya tuangkan dalam tulisan. Hal ini disebabkan ada beberapa job yang harus segera diselesaikan. Postingan sebelumnya saya telah menjelaskan tentang biaya awal pendirian apotik dan persyaratan utama untuk membuat apotik, kayaknya belum lengkap kalau tidak dijelaskan tentang tahap-tahap perizinan apotik hingga keluar Surat Izin Apotik (SIA). Sebenarnya susah gak sih perizinan apotik ?

Apotik mania, perizinan apotik sebenarnya mudah dan simple sekali, gak percaya ? Berikut ini ringkasan tahap perizinan apotik :

Tahap I : Pemohon (Apoteker) mengajukan permohonan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dengan dilampiri persyaratan sebagai berikut :

1. Fotokopi Surat Izin Kerja (SIK) Apoteker Pengelola Apotik (APA)
2. Fotokopi KTP Apoteker
3. Surat Pernyataan bahwa APA tidak merangkap/bekerja di Apotik lain/Industri lain dan sanggup sebagai APA di Apotik dimaksud
4. Fotokopi perjanjian kerjasama antara APA dan Pemilik Sarana Apotik (PSA) (di depan Notaris)
5. Surat pernyataan PSA bahwa tidak pernah terlibat pelanggaran perundang undangan dibidang Farmasi
6. Peta Lokasi dan Denah Bangunan
7. Status Bangunan dan kaitannya dengan PSA
8. Daftar Asisten Apoteker dilampiri Fotokopi Ijasah dan SIK
9. Surat izin Atasan untuk APA yang bekerja sebagai PNS/BUMN
10. Surat Izin Tempat Usaha (SITU) (tapi ada dinas kab/kota yang tidak mempersyaratkan SITU)

Tahap II : Setelah persyaratan semua lengkap, Kepala Dinas memberikan tugas kepada tim pemeriksaan setempat untuk melakukan peninjauan lokasi calon apotik

Tahap III : setelah pemeriksaan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota membuat Surat Penundaan bagi yang belum memenuhi syarat atau memberikan Surat Ijin Apotik (SIA) bagi yang memenuhi syarat.

Nah apotik mania, Mudah bukan? 3 tahap perizinan apotik ini sudah baku sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan No. 922 / MENKES / PER / X / 1993 tentang Ketentuan dan Tata Cara Pemberian Ijin Apotik dan Surat Keputusan Menkes Nomor. 1332 / MENKES / SK / X / 2002 tentang perubahan Permenkes No. 922/Menkes/Per/X/1993. Selain itu perizinan Apotik juga mengacu kepada PP 51 tahun 2009 tentang Pekerjaan Kefarmasian (tetapi PP ini masih memerlukan banyak peraturan teknis, sehingga belum bisa berjalan optimal). Oleh karena itu buat apotik mania yang tertarik jangan tunda lagi deh….segera buat apotik !

Categories: All Artikel - Catatan Tugas Fia